Telesales adalah seorang agen dalam dunia contact center yang bertugas untuk memperkenalkan, merayu, dan menjual produk atau layanan perusahaan kepada para pelanggan melalui telepon. Pada masa sekarang ini, metode yang dipakai tidak hanya melalui telepon kabel konvensional saja tetapi dapat juga dari sistem telephony seperti VoIP, email, dan bahkan chat/call WhatsApp. Para agen telesales ini merupakan ujung tombak perusahaan dalam menjamin keberlangsungan/keberlanjutan pendapatan. Mereka akan mencari prospek-prospek yang tepat dan menerapkan strategi penjualan yang efektif kepada para pelanggan sehingga penjualan perusahaan meningkat.

Lalu, bagaimana seharusnya strategi yang dilakukan oleh seorang telesales untuk sukses dalam melakukan closing deal? Tentu ada beraneka macam cara yang dapat diterapkan oleh seorang telesales. Mari kita bahas satu per satu beberapa di antaranya:

Telesales Sukses! Cara untuk Closing Deal
Credit: Image by Drazen Zigic on Freepik.

1. Melakukan Riset

Seorang telesales yang cakap akan melakukan riset target/pasar sebelum melakukan pekerjaannya. Mereka akan mencari tahu dan menganalisis prospek-prospek yang tepat untuk ditawari dengan produk atau layanan perusahaan. Agen telesales akan mengumpulkan data, memfilternya, serta kemudian membuat daftar prioritas. Selain itu, melakukan riset juga akan memperdalam pemahaman seorang agen mengenai calon pelanggan sehingga dapat memberikan solusi yang tepat terhadap kebutuhan mereka.

2. Persiapan Diri

Demi kesuksesan telesales, seorang agen harus mempersiapkan diri dengan matang. Agen telesales harus memperdalam product knowledge. Hal tersebut berguna agar seorang agen tidak akan kikuk dengan pertanyaan di luar umumnya. Mereka akan bisa dengan andal untuk menjawab pertanyaan para calon pelanggan meskipun tidak menjawab pertanyaan secara langsung, namun dapat memberi impresi bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memang cocok untuk kebutuhan para prospek.

3. Long Lasting Impression

Berikan kepercayaan diri yang kuat kepada diri ketika akan melakukan penjualan kepada pelanggan. Pastikan bahwa cara menyapa dan memperkenalkan diri sendiri memberikan kesan mendalam kepada para prospek. Gunakan bahasa yang lugas dan nada bicara yang tegas namun persuasif. Melatih diri di depan kaca untuk meningkatkan gaya perkenalan diri yang profesional dan membekas sangat penting bagi seorang agen telesales dalam kesuksesan untuk closing deal.

4. Presentasi yang Efektif

Ketika seorang agen telesales melakukan presentasi produk atau layanan kepada para calon pelanggan, pastikan untuk tidak bertele-tele. Berikan informasi yang jelas dan tepat. Pahami inti atau bagian presentasi yang menjadi poin menarik bagi calon pelanggan. Gunakan bahasa persuasif sehingga mereka terayu untuk menggunakan jasa perusahaan atau bahkan cross/up-selling dari kebutuhan pelanggan dari pada mulanya.

5. Bangun Rasa Percaya Pelanggan

Jaga sikap profesionalitas, tunjukkan keramahan, & berikan kepedulian. Seorang agen telesales yang sukses akan memberikan sikap yang terbaik kepada para calon pelanggannya meskipun mereka tidak selamanya akan memberikan sikap yang positif. Tetap melayani dengan keramahtamahan dan kegesitan sehingga timbul rasa percaya dan perubahan sikap menjadi lebih positif oleh calon pelanggan. Dengan demikian, arah menuju closing deal akan semakin lebih dekat. Deal terjadi, perusahaan bertambah pendapatan, insentif turun maka agen pun senang.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang agen telesales yang sukses menuju closing deal tidaklah mudah, namun ada beberapa cara atau strategi untuk mengatasinya. Seorang agen haruslah mampu dalam melakukan riset pasar, mempersiapkan skill diri, memberikan impresi yang membekas, melakukan presentasi yang efektif, hingga membangun rasa percaya pelanggan. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, kemungkinan untuk melakukan closing deal akan semakin tinggi. Namun demikian, cara-cara di atas bukan satu-satunya jalan menuju Roma! Seorang agen telesales dalam melakukan atau menerapkan cara-cara lain serta mix & match untuk mencapai target pendapatan perusahaan. Teruslah mengasah diri dan pengetahuan.

Meravi BPO menyediakan layanan telesales melalui outbound call yang dapat membantu perusahaan dalam memenuhi proses atau fungsi bisnis terhadap pemasaran dan penjualan. Kami telah melayani berbagai macam jenis klien untuk membantu mencapai core business goals mereka. Layanan pelatihan untuk para calon agen telesales juga tersedia melalui program CS Academy dan CS Excellent Class. Hubungi kami lebih lanjut di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *