Dalam dunia contact center, kita akan familiar dengan posisi-posisi pekerjaan seperti Customer Service dan Telemarketing. Namun, posisi yang tersedia pada contact center tidak hanya itu saja; ada yang namanya Sales & Service Specialist. Posisi agent satu ini memadukan antara keahlian penjualan (sales) dengan layanan pelanggan (customer service). Di dunia bisnis modern, peran mereka sangat lah penting. Mereka akan membangun hubungan kuat dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan menyediakan solusi yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai deskripsi dari Sales & Service Specialist beserta peran, keahlian, gaji, dan cara menjadi agent tersebut.

Sales & Service Specialist illustrated.
© Image by jcomp on Freepik.

1. Siapa itu Sales & Service Specialist?

Seorang agent Sales & Service Specialist adalah sebuah profesi yang membantu bisnis menghasilkan pendapatan dengan cara menjual produk/layanan sekaligus menyediakan customer support. Mereka bekerja di berbagai industri mulai dari ritel, kesehatan, finansial, hingga teknologi. Gol utamanya adalah untuk menambah pendapatan bisnis dengan membangun hubungan terhadap pelanggan dan memberikan mereka pengalaman yang sebaik mungkin.

Mereka harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai produk/layanan yang mereka tawarkan sehingga mereka dapat menjelaskan manfaat dan fitur-fitur yang relevan kepada pelanggan. Mereka juga harus mampu menjelaskan mengapa produk/layanan yang ditawarkan lebih baik daripada pesaing. Selain menjual produk/layanan, para agent Sales & Service Specialist bertanggung jawab untuk memberikan customer service/experience yang berkualitas. Para agent harus siap dalam melayani pertanyaan, masalah, atau keluhan pelanggan dengan ramah dan efisien.

2. Keahlian yang Wajib Dimiliki

Dikarenakan tanggung jawab besar pada penjualan dan layanan pelanggan yang diemban oleh seorang agent Sales & Service Specialist maka ada berbagai macam keahlian yang harus dimiliki untuk kesuksesan role tersebut. Berikut beberapa skill esensial yang dibutuhkan:

  • Komunikasi: Keahlian ini berguna untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan memahami kebutuhan mereka. Agent harus dapat berkomunikasi dengan efektif melalui berbagai macam channel seperti telepon, email, chat, dan sebagainya.
  • Customer Service: Seorang Sales & Service Specialist harus lah customer-oriented dan memiliki semangat untuk memberikan layanan pelanggan yang berkualitas. Agent harus dapat menangani keluhan dan menyelesaikan masalah dengan sigap, cepat, serta profesional.
  • Sales: Seorang agent harus memiliki pengetahuan sales yang kuat dan dapat mengidentifikasi peluang-peluang untuk upsell/cross-sell produk atau layanan. Mereka perlu dapat close the deals serta memenuhi target penjualan.
  • Product Knowledge: Agent perlu mempunyai pemahaman yang mendalam soal produk/layanan yang mereka jual. Mereka harus dapat menjelaskan fitur dan keuntungan dari produk/layanan kepada pelanggan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
  • Manajemen Waktu: Keahlian untuk mengelola waktu secara efektif dan memprioritaskan tugas-tugas demi mengejar target penjualan dan memberikan layanan pelanggan yang baik juga perlu dimiliki.

3. Berapa Gajinya?

Mengenai gaji seorang agent Sales & Service Specialist, itu tergantung standar upah minimum di daerah masing-masing serta jenis industrinya. Untuk Kab. Sleman dan di industri contact center BPO, gaji dapat dimulai dari Rp 2.159.519,22. Hal ini belum termasuk insentif target penjualan serta tunjangan keahlian; di luar dari kewajiban BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan. Dengan tanggung jawab yang tinggi, pekerjaan ini dapat membuka peluang bagi seseorang ke penghasilan yang lebih besar berdasarkan pengalaman yang sudah dijalani.

4. Cara Menjadi Seorang Sales & Service Specialist

Untuk menjadi seorang agent Sales & Service Specialist, kita memerlukan kombinasi pendidikan, pelatihan, serta pengalaman yang tepat. Berikut beberapa cara untuk menjadi agent tersebut:

  • Pendidikan: Syarat minimal tingkat pendidikan bagi peran ini adalah lulusan SMA/K atau sederajat. Namun, beberapa perusahaan menyukai kandidat lulusan S-1 Bisnis, Pemasaran, dan jurusan terkait.
  • Pelatihan: Banyak perusahaan memberikan pelatihan kepada agent untuk membantu mereka mengembangkan keahlian yang diperlukan demi kesuksesan pekerjaan mereka. Pelatihan ini termasuk product knowledge, teknik-teknik penjualan, dan keahlian customer service.
  • Pengalaman: Agent pada umumnya memerlukan beberapa pengalaman di bidang sales/customer service. Pengalaman ini dapat digali dari magang, paruh waktu, atau pun peran entry-level sales/customer service.
  • Sertifikasi: Beberapa perusahaan memerlukan agent-nya untuk memiliki sertifikasi pada keahlian tertentu. Sertifikasi ini didapat dari organisasi-organisasi profesional atau program-program pelatihan.

Kesimpulan

Seorang agent Sales & Service Specialist memainkan peran penting dalam membantu bisnis menghasilkan pendapatan dengan menjual produk/layanan sekaligus memberikan layanan pelanggan. Mereka membutuhkan beragam keterampilan seperti komunikasi, product knowledge, penjualan, layanan pelanggan, dan manajemen waktu. Untuk memainkan peranan tersebut, kita memerlukan kombinasi antara pendidikan, pelatihan, dan pengalaman. Dengan keahlian dan pengalaman yang tepat, kita dapat membangun karier yang sukses pada role tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *