Menjadi telesales dan telemarketing serta menjadi customer service memiliki satu kemiripan. Namun ternyata tugas ketiganya berbeda. 

Banyak perusahaan merekrut telesales murah untuk menjalankan tugas yang ketiganya, padahal fungsi telesales bisa dimaksimalkan pada fokus outbound penjualan perusahaan. 

Apa saja perbedaan antara telesales, telemarketing dan customer service? Saat menjadi menjadi recruiter dari perusahaan dan menjajal perekrutan telesales murah. Perlu memahami perbedaan ketiganya. Berikut perbedaan ketiganya:

  1. Telesales adalah tenaga ahli penjualan perusahaan yang bertugas menawarkan produk/jasa perusahaan. Tugas utama telesales adalah mengkonversi setiap peluang dari konsumen agar bisa memanfaatkan atau menggunakan produk dan jasa perusahaan. Jika dulu layanan telesales hanya berfokus pada satu channel via telepon saja (call center). Sekarang trendnya bergeser menjadi omnichannel yaitu melibatkan banyak channel mulai dari telepon, whatsapp, telegram hingga email.
  2. Sementara telemarketing adalah tenaga ahli penjualan dari perusahaan yang mendorong calon pelanggan, menambah prospek baru serta memberikan nasehat bagi calon pelanggan untuk menggunakan produk, memanfaatkan promo serta menggunakan layanan jasa dari perusahaan. Saat ini fungsi telemarketing juga sebagai sarana omnichannel dari perusahaan.
  3. Sementara customer service adalah tenaga ahli dari perusahaan untuk mengelola pelanggan. Mulai dari menangani keluhan, komplain, kritik dan saran serta mengelola layanan produk dan jasa perusahaan oleh pelanggan.

Gaji Menjadi Telesales

Jika tertarik dalam proses rekrutmen telesales murah di Indonesia, maka perlu mempertimbangkan gaji menjadi telesales. 

Gaji menjadi telesales di Indonesia disesuaikan dengan peraturan pemerintah daerah yang mengatur mengenai upah minimum regional (upah minimum provinsi). 

Misalnya jika Anda ingin menjadi telesales di Yogyakarta maka Upah Minimum Provinsi di Yogyakarta ditetapkan berdasarkan surat keputusan Gubernur DIY dengan rincian sebagai berikut:

  1. Upah minimum Kota Yogyakarta sebesar Rp2.153.970
  2. Upah minimum Kabupaten Sleman sebesar Rp2.001.000
  3. Upah minimum Kabupaten Bantul sebesar 1.916.848
  4. Upah minimum Kabupaten Kulon Progo sebesar Rp1.904.275
  5. Upah minimum Kabupaten Gunungkidul sebesar Rp1.900.000

Jika menjadi telesales di daerah lain seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah atau Jawa Timur maka gaji telesales akan mengikuti ketentuan dari Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cara Mendaftar Telesales

Bagi perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen telesales, telemarketing atau customer service dapat bekerjasama dengan Perusahaan Business Process Outsourching salah satunya Meravi BPO di Jogja. Kenapa bekerjasama dengan Meravi BPO?:

  1. Meravi BPO memiliki fasilitas kantor dengan kapasitas 500 talent lebih, dengan akses internet berkecepatan tinggi.
  2. Meravi BPO telah bekerjasama dengan tiga perusahaan startup nasional, salah satunya Evermoss dan Lumina.
  3. Meravi BPO memiliki layanan CS Academy sebagai pusat pendidikan customer service, telesales dan telemarketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *