MeraviBPO.id – Anda sedang mencari customer service Jogja? Maka BPO Meravi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis anda. Sebelumnya anda perlu mengetahui mengapa peran Customer Service penting bagi perusahaan?

Jika banyak orang beranggapan bahwa customer service di sebuah perusahaan tidak penting, maka anggapan ini perlu diluruskan. 

Customer service adalah front line (garis depan) perusahaan untuk tetap terhubung dengan konsumen atau pelanggan. 

Jadi, customer service merupakan pintu utama perusahaan dalam berkomunikasi secara baik dengan pelanggan maupun calon konsumen.

Karena menjadi garda terdepan, maka customer service harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang komunikasi.

Pengetahuan mengenai profil perusahaan, produk perusahaan hingga melakukan back-up terhadap masalah-masalah yang ditemui pelanggan untuk dikomunikasikan dengan bagian yang berwenang di dalam perusahaan. 

Posisi customer service sendiri saat ini tidak harus berada di ruang lobby atau gedung depan dari sebuah kantor perusahaan. 

Mirip seperti customer service bank yang harus ada di bagian depan dan berlangsung secara tatap muka. Karena digitalisasi di dunia industri begitu cepat, maka kemudian posisi customer service mengalami pergeseran atau disebut mengalami penambahan menjadi customer service online.

Posisi customer service online ini merupakan pengembangan dari fungsi call center yang tadinya berbentuk non-tatap muka kemudian dikonversi menjadi customer service. 

Seiring dengan hadirnya aplikasi perpesanan online seperti whatsapp, telegram hingga email. Dahulu customer service tatap muka dibutuhkan karena belum hadir aplikasi perpesanan, bahkan call center masih melayani komunikasi pelanggan melalui telepon. 

Syarat-Syarat Customer Service di Industri Teknologi

Sesuai dengan pembahasan di atas, karena posisi customer service merupakan posisi yang vital dalam berkomunikasi dengan pelanggan, maka berikut beberapa syarat-syarat yang wajib dipenuhi untuk mengisi posisi customer service:

  1. Kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan ini merupakan hal yang dasar dan wajib dipenuhi customer service. Tidak mungkin kan jika customer service terkesan menunggu dan tidak bisa berbicara secara baik dengan konsumen, sementara bisa saja konsumen memberikan kritik, saran dan komplain dengan berbagai cara. Customer service dituntut dapat beradaptasi secara cepat dan berkomunikasi efektif dengan pelanggan.
  1. Analitik (kemampuan berpikir cepat dan analisis). Customer service dituntut dapat berpikir cepat untuk memecahkan masalah pelanggan. Pelanggan yang bertele-tele dalam menyampaikan kalimat dapat diarahkan untuk ditemukan masalah dan diberikan solusi.
  1. Kemampuan bahasa. Ada kalanya bahasa yang informal jarang dipakai dalam pembicaraan antara customer service dengan pelanggan. Customer service dituntut bisa memahami panduan bahasa formal atau bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu bahkan dituntut memahami bahasa inggris secara pasif. Apabila jika perusahaan memiliki customer/konsumen dari lintas negara (warga negara asing), maka kemampuan berbahasa inggris aktif menjadi sebuah kewajiban.

Pelatihan Customer Service Online di Jogja yaitu Meravi CS Academy memberikan pelatihan dan pendampingan customer service sesuai dengan syarat-syarat di atas.

Program pelatihan ini dapat diberikan secara inhouse untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan customer servicenya.

Jika berminat dengan pelatihan customer service di Meravi CS Academy dapat menghubungi nomor berikut ini: 0878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *