Customer Service atau disebut juga dengan CS bertugas berinteraksi dengan pelanggan atas nama suatu organisasi atau perusahaan. Mereka berada di garis depan dalam membantu melayani konsumen.

CS biasanya tatap muka,hampir perusahaan memiliki layanan call center. Untuk perusahaan retail, CS akan tinggal di area dimana pelanggan bisa datang langsung untuk berinteraksi. 

Sedangkan pada layanan call center, agen customer service biasanya berinteraksi dengan pelanggan melalui telepon atau email.

Customer Service yang berkualitas adalah suatu kegiatan yang bertujuan atau untuk memberikan kepuasan pelanggan melalui layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Customer Service merupakan peran yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tugas utama customer service adalah memberikan pelayanan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Rata-rata Gaji Seorang Customer Service

Berbicara tentang pekerjaan pasti mengacu pada gaji atau pendapatan yang diterima. Tingkat gaji biasanya disesuaikan berdasarkan beban kerja, tingkat pendidikan, masa kerja, jabatan, dan peringkat perusahaan lainnya sebagai patokan.

Posisi layanan pelanggan dapat bekerja paruh waktu atau penuh waktu. Gaji biasanya ditentukan berdasarkan pengalaman, industri dan lokasi kerja. 

Gaji bulanan rata-rata CS di awal karirnya berkisar antara 4,5 hingga 5 juta rupiah. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi karir dan gaji CS adalah sebagai berikut:

1. Keterampilan menulis persuasif

2. Keterampilan untuk mendokumentasikan interaksi dengan pelanggan

3. Pemahaman menyeluruh tentang produk atau layanan yang dijual

4. Pengalaman dengan alat komunikasi jarak jauh

5. Pengalaman dalam layanan pelanggan

Semakin tinggi kualitas Anda dalam elemen-elemen ini, semakin tinggi gaji yang dapat Anda perjuangkan saat mencari pekerjaan CS. 

Jika konsumen meminta hal-hal yang sebenarnya perusahaan tidak ada. sebaiknya berkata jujur karena jika terlalu memberikan janji-janji yang sebenarnya tidak bisa dituruti hal ini dapat mempertaruhkan reputasi perusahaan dan juga Anda sendiri. 

Terutama apabila Anda memberikan janji-janji atau informasi yang salah dengan tujuan agar mereka tidak melanjutkan komplain. 

Karir Customer Service

Pekerjaan layanan pelanggan sering dianggap mudah, sehingga banyak diminati oleh semua orang. Kelihatannya mudah karena Anda hanya harus bekerja di setiap meja, tetapi sebenarnya cukup sulit dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Tingkat Junior (1-3 tahun pengalaman) – Perwakilan CS 

Menengah (pengalaman 4-8 tahun) – Spesialis CS

Tingkat Senior (pengalaman minimal 8 tahun) – Manajer/Manajer CS

Customer Service perlu diberikan pemahaman mengenai dasar-dasar pelayanan Adapun dasar-dasar pelayanan sebagai berikut :

1. Berpenampilan rapi dan bersih

2. Percaya diri dan penuh senyum

3. Menyapa dengan ramah

4. Mendengarkan setiap pembicaraan

5. Berbicara dengan baik dan benar

Setiap perusahaan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas tinggi kepada pelanggannya. Untuk meningkatkan layanan, perusahaan juga membutuhkan layanan pelanggan yang menjawab pertanyaan pelanggan dengan cukup baik agar mereka tetap puas dan loyal pada perusahaan.

Karena customer service adalah tempat pertama konsumen mencari informasi tentang produk perusahaan, sehingga harus memahami semua informasi dasar yang dibutuhkannya.

Anda harus memahami semua informasi dasar yang dibutuhkan. Semakin banyak pengetahuan tentang perusahaan, akan semakin banyak pula penjelasan dan solusi yang bisa ditawarkan kepada konsumen. bertanggung jawab dalam hal produk perusahaan.

Meravibpo.id hadir untuk memberikan layanan BPO profesional untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis perusahaan. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *