Sebuah perusahaan umumnya sebagai pelaku bisnis akan berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan seluruh kompetensi SDM nya agar proses bisnis dapat berjalan secara efektif. Terlebih perusahaan tersebut menggunakan jasa BPO.

Kemampuan SDM perusahaan harus mengikuti perkembangan bisnis dan tingkat kompetisi yang meningkat cepat, bisnis memerlukan keseimbangan yang ada pada setiap lini bagian perusahaan. Dalam situasi ini, perkumpulan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa dari BPO.

Apa Itu Perusahaan BPO

Business Process Outsourcing atau berarti dengan BPO merupakan aktivitas pengalihdayaan suatu proses bisnis dalam perusahaan kepada pihak ketiga untuk mencapai efisiensi biaya dan efektifitas waktu.

BPO juga berperan sebagai penyedia layanan yang akan bekerjasama dengan mitra di bawah sebuah kontrak mengikat, sehingga memungkinkan agar pelaku bisnis dapat lebih fokus ke unit bisnisnya demi pertumbuhan mitra. Secara struktural, BPO memiliki tingkatan yang sejajar sebagai mitra dan tidak berada di bawah para mitra.

Umumnya layanan dari perusahaan BPO merupakan hal strategis yang mencangkup kegiatan akuntansi, penggajian, SDM dan hubungan pelanggan ataupun call center, pemasaran media sosial, dukungan pelanggan dan masih banyak lagi.

Manfaat Menggunakan Jasa Perusahaan BPO

Berikut manfaat menggunakan jasa dari perusahaan BPO: 

  • Perusahaan dapat berfokus pada proses bisnis inti 

Terdapat banyak aktivitas dalam sebuah perusahaan dan sebagian besar merupakan kegiatan operasional yang kompleks sehingga membutuhkan perhatian lebih. Namun, ada juga pekerjaan yang sifatnya pendukung saja sehingga penyedia layanan BPO siap untuk menanganinya. Perusahaan bisa lebih fokus pada pekerjaan intinya dengan mengalihkan sebagian pekerjaan kepada pihak ketiga melalui sistem Business Process Outsourcing. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu habiskan waktu untuk mengurusi hal-hal administratif. 

  • Mengurangi biaya tenaga kerja dan biaya overhead 

Saat sebuah mitra memutuskan untuk menggunakan jasa BPO, maka biaya tenaga kerja tetap dapat mengubah biaya variabel. Selain itu, Setiap ada karyawan baru yang masuk biasanya perusahaan melalui HRD harus melakukan training untuk mereka. Lain halnya jika mitra lebih memilih sistem kerjasama dengan BPO maka tidak perlu melakukan training sendiri. 

  • Pengendalian risiko 

Melakukan kerjasama dengan BPO selaku pihak ketiga yang berperan sebagai mitra, maka terdapat kontrak yang akan mengikat. Dengan adanya kontrak kerja ini perusahaan dapat meminimalisir risiko. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara kinerja dan hasil dari kontrak maka perusahaan dapat meminta kepada BPO untuk melakukan penggantian. 

  • Mendapatkan karyawan yang berpengalaman 

Perusahaan sering merasa kesulitan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan keinginan dan sudah memiliki pengalaman kerja. Masalah seperti ini bisa selesai jika perusahaan bekerjasama dengan perusahaan BPO. Mayoritas pekerja yang bergabung dalam perusahaan BPO sudah memiliki pengalaman kerja sesuai bidangnya di beberapa perusahaan. 

  • Meningkatkan kualitas, produktivitas dan efisiensi 

BPO memungkinkan mitra mencapai peningkatan kualitas, produktivitas dan efisiensi baik dari segi biaya maupun waktu. Saat perusahaan BPO mengerjakan kegiatan non primer, maka dapat berfokus pada pekerjaan inti yang secara otomatis akan berpengaruh positif terhadap kualitas dan produktivitas. Selain itu juga dapat mengontrol arus kas terutama alokasi anggaran untuk hal-hal yang bisa dikerjakan.  

Memilih Perusahaan BPO yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai manfaat menggunakan jasa dari BPO, Kita harus terlebih dahulu memastikan bahwa BPO yang menjadi target akan menjadi mitra yang berkualitas. Jika Anda mencari mitra BPO yang tepat dan berkualitas Meravi BPO merupakan solusi yang tepat. Ingin mengefektifkan perusahaan anda? Konsultans segera bersama Meravi BPO di link berikut ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *