Customer Service (CS) adalah sebuah divisi yang memainkan peranan penting dalam proses pertahanan suatu perusahaan dengan hubungannya terhadap pelanggan.

Mereka adalah garda terdepan pelayanan pelanggan seperti penerimaan keluhan dan masukan, pemecahan masalah, peningkatan peluang penjualan, dan lainnya.

CS dibutuhkan pada hampir setiap bidang bisnis, mulai dari telekomunikasi, perbankan, agen travel, hingga e-commerce, bahkan pula di bidang pemerintahan.

Dalam pelaksanaannya, seorang agen CS yang handal harus memiliki bahasa yang baik dan jelas, kemampuan problem solving, rasa empati, serta sifat tekun, teliti, dan sabar.

Layanan CS Meravi BPO hadir untuk menjawab tantangan pergolakan bisnis pada masa pandemi Covid-19. Saat itu, kebutuhan terhadap CS meningkat, namun ketersediaan SDM yang siap untuk menjadi agen CS online belum memadai.

Di satu sisi, belum ada jurusan/program studi khusus yang mencetak lulusannya menjadi agen CS yang handal.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang agen CS bisa dari lulusan mana saja baik sarjana maupun SLTA. Namun, tidak sedikit yang belum paham secara seksama mengenai CS beserta hard/soft skills yang diperlukan sehingga belum siap untuk memasuki dunia kerja.

Salah satu dari para lulusan SLTA adalah lulusan SMK. Melalui proses belajar yang berfokus pada bidangnya, setiap tahun institusi SMK banyak mencetak lulusan yang diharapkan siap terjun ke dunia kerja.

Akan tetapi, sangat disayangkan lulusan SMK juga mempunyai andil terhadap angka pengangguran di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk berumur 15 tahun ke atas yang menganggur sebanyak 9,1 juta orang per Agustus 2021.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.111.338 berasal dari latar pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sering kali, para lulusan SMK dinilai siap untuk bekerja dari keterampilan bidang yang dipelajari (hard skill), tetapi tidak disertai wawasan global dan soft skill praktis yang digunakan dalam dunia kerja.

Di sisi lain, banyak perusahaan yang menuntut pengalaman kerja bertahun-tahun bahkan pada kategori entry level. Para lulusan ini pun masih dianggap belum siap untuk bekerja dan perlu pengasahan/pengalaman lebih dalam lagi.

Maka dari itu, Meravi BPO melalui program “Meravi CS Academy Goes to School” hadir dan terjun langsung ke SMK yang ada di seluruh Indonesia untuk menjadi pionir dalam mempersiapkan siswa/i tingkat akhir sebagai CS yang handal dan siap kerja.

Meravi CS Academy Goes to School adalah program pendidikan dan pelatihan Customer Service yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi dan kesiapan dalam dunia kerja.

Program ini ditargetkan kepada siswa/i kelas 12 maupun 11 SMK. Melalui program ini, para siswa/i akan diperkenalkan dengan dasar-dasar CS, Service Excellent, Sales, praktik, pengasahan soft skill, career mentoring, sampai walk-in interview.

Setelah program selesai, para siswa/i akan dibekali dengan ilmu, sertifikat, dan kesempatan untuk internship atau bahkan mengikuti proses seleksi Customer Service Specialist/Sales & Service Specialist di Meravi BPO.

Kesempatan ini dapat memperkaya pengalaman pada CV agar nantinya para lulusan SMK ini akan lebih dilirik oleh recruiter perusahaan.

Saat ini, lulusan CS Academy sudah mencapai 500++ peserta yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa sudah disalurkan ke mitra bisnis Meravi BPO.

Alasan mengapa harus mengikuti Meravi CS Academy Goes To School:

1. Kebutuhan Dunia Kerja
Customer Service merupakan pekerjaan yang dibutuhkan hampir di setiap bidang usaha dan dapat memulai karirnya dari semua jurusan pendidikan.

2.Kemampuan Komunikasi dan Interpersonal
Menjadi Customer Service kita harus memiliki bekal kemampuan komunikasi yang baik dan secara efektif menjalin interaksi baik dengan pelanggan dan rekan kerja.

3. Multitasking dan Structured Thinking
Memiliki kemampuan berpikir logis serta berkoordinasi yang baik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *