Desk Collection atau deskcall yang sering kita dengar adalah layanan penagihan melalui telepon.  

Selain itu Desk Collection adalah bagian penting dari bisnis apapun, terutama perusahaan kredit. 

Profesi ini memiliki tugas pokok dan fungsi menginformasikan, mengingatkan dan menagih kewajiban pelanggan melalui media telepon.

Selain itu, Desk Collection membantu mengingatkan pelanggan tentang tagihan dan kewajiban pembayaran. 

Profesi tersebut menjadi sangat penting karena berkaitan dengan keuangan. Namun, perhatikan bahwa profesi ini berbeda dengan Debt collector.

Kelebihan Desk Collection Dalam sebuah perusahaan, Desk Collection merupakan bagian penting dari billing. Profesi ini sangat penting karena berkaitan dengan keuangan perusahaan. 

Ada beberapa perusahaan pembiayaan atau jasa yang berpotensi menghasilkan piutang, dan karir sebagai Desk Collection ini berperan mengumpulkan pembayaran atas tagihan yang jatuh tempo dan mengingatkan pelanggan untuk membayar tepat waktu.

Fungsi Seorang Desk Collection

Adapun fungsi seorang Desk call sebagai berikut :

1. Prioritaskan pembayaran konsumen sebelum tanggal jatuh tempo

2. Mengoptimalkan keuntungan, segala sesuatu yang menjadi hak perusahaan berupa uang harus diterima dengan uang yang lebih banyak

3. Cepat (tepat waktu) untuk penggunaan dana yang lebih efisien,

4. Meminimalisir kerugian tunggakan angsuran, karena kemungkinan piutang tak tertagih dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan membayar dengan  kecepatan penagihan.

5. Menjaga stabilitas keuangan dan kesehatan perusahaan

6. Melaksanakan hak-hak yang terkait dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam perjanjian ini, seperti pencabutan, denda, denda, dll terhadap perusahaan.

Peran Desk Collection

Desk Collection mempunyai peran dalam menjalankan suatu tugas untuk dapat memenuhi kewajibannya dalam bertugas, sehingga pihak perusahaan pada staff collection untuk menjalankan tugas yang diberikan adalah sebagai berikut:

1. Buat akun dan usahakan untuk mengumpulkan secara normal, lancar dan efektif.

2. Lakukan tindak lanjut singkat, baik melalui telepon, surat, atau kunjungan.

3. Membangun hubungan baik dengan pelanggan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Desk Collection

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Desk Collection bagi perusahaan.

1. Konfirmasi invoice

Pelanggan yang jatuh tempo pada atau setelah tanggal yang ditentukan dalam perjanjian perundingan bersama. 

Penagih utang memiliki tugas yang sangat penting untuk memeriksa faktur yang diserahkan kepada pelanggan dan, jika pelanggan benar-benar terlambat membayar, menyelesaikan proses pembayaran sesuai aturan yang disepakati bersama. 

Biasanya ada kutipan yang berlaku untuk  semua bisnis mengenai pembayaran faktur terlambat pada titik waktu tertentu.

2. Melakukan penagihan

Desk collection juga memiliki tugas menerbitkan faktur kepada pelanggan yang terlambat membayar dan melewati tanggal jatuh tempo yang telah disepakati. Biasanya ada standar penagihan yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Anda bisa mengikuti standar ini agar tidak ada masalah penanganan di kemudian hari. Desk collection yang baik selalu mengutamakan etika di atas kesuksesannya.

3. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Membangun hubungan pelanggan bukan hanya komitmen mutlak dari tenaga pemasaran dan penjualan. Tetapi membangun hubungan pelanggan yang baik.

Jadi, sebagai Desk Collection, Anda harus memiliki ketekunan untuk terus berusaha mengingatkan tagihan yang tertunda. Mereka harus secara konsisten menghubungi pelanggan untuk pembayaran segera. 

Yang paling penting adalah memikirkan bagaimana Anda dapat menagih hutang dari klien Anda tanpa  menyinggung perasaan mereka, karena hubungan yang baik dengan klien Anda diperlukan untuk melanjutkan hubungan Anda dengan klien Anda.

Meravibpo.id hadir untuk memberikan layanan BPO profesional untuk  meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis perusahaan. 

Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *