Hadirnya usaha-usaha baru di Jogjakarta melahirkan kebutuhan akan cs jogja yang berkompeten dalam menangani konsumen. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan bahwa pada medio Juli 2022 kemacetan yang mulai hadir di Jogja adalah geliat ekonomi baru pasca pandemi covid-19. 

Geliat usaha-usaha baru ini membawa modal investasi dari luar jogja dan juga membawa berkah baru bagi terciptanya lapangan kerja di sektor padat karya. 

Sektor padat karya adalah sektor yang membutuhkan tenaga kerja manusia dibandingkan dengan sektor tenaga kerja robot seperti sektor-sektor teknologi informasi. 

Sementara itu sektor bisnis di Jogja didominasi sektor wisata, kuliner dan pendidikan yang mayoritas membutuhkan tenaga kerja. 

Trend ini kemudian memicu lahirnya banyaknya loker cs jogja bagi perusahaan-perusahaan di bidang rintisan, tumbuh dan berkembang besar.

Loker Jogja sekarang diisi dengan permintaan kebutuhan tenaga kerja di bidang penjualan dan pengelolaan pelanggan yang biasanya disebut dengan cs online. 

Lowongan customer service online pun semakin banyak seiring dengan banyaknya berpindah kantor cabang start-up start up besar dari Jakarta ke Yogyakarta.

Kira-kira berapa sih gaji customer service di jogja jika dibandingkan dengan kota-kota di sekitarnya seperti Klaten, Solo dan Purwokerto. 

Menurut surat edaran Gubernur DIY yang mengatur mengenai upah minimum regional (upah minimum kabupaten dan kota).

Yogyakarta ditetapkan pada tahun 2022. Gaji customer service di Jogja wilayah Sleman adalah tertinggi dengan prosentase Rp2.100.000.

Sementara gaji customer service online di jogja wilayah Gunungkidul terendah dengan porsi Rp1.900.000.

Selanjutnya bagaimana caranya bergabung menjadi customer service di beberapa perusahaan di jogja? 

Jika ingin bergabung atau mencoba loker cs shopee jogja atau loker jogja 2022 maka dapat mendaftar di perusahaan BPO seperti Meravi BPO.

Yang memiliki lini CS Academy sebagai tempat pendidikan bagi customer service fresh graduate untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan startup seperti Evermos dan Lumina.

Sebelum mendaftar menjadi cs jogja, akan lebih baiknya memahami apa saja tugas menjadi customer service terlengkap. Berikut ini detailnya:

  1. Customer service adalah tenaga ahli terdepan (frontline) layanan perusahaan yang bertugas mengelola komunikasi dengan pelanggan. Menjadi cs jogja membutuhkan kemampuan komunikasi dan analisis masalah yang baik. Customer service dituntut untuk bisa menenangkan hati pelanggan, menyelesaikan masalah pelanggan dan mencarikan solusi secara cepat.
  2. Customer service bertugas melakukan follow up kepada pelanggan terutama menyangkut masalah-masalah yang masuk dan perlu diselesaikan. Atau melakukan follow up kepada calon pelanggan yang telah mendaftar dan berminat dengan diskon atau promo dari perusahaan.
  3. Menjadi cs jogja tentunya tidak bisa dilepaskan mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan perangkat teknologi informasi seperti komputer, laptop dan software seperti zendesk dan qiscus serta memahami produk dan layanan perusahaan. 

Menjadi bagian dari cs jogja dapat dimulai dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan perusahaan BPO.

Seperti Meravi BPO yang disebut dengan CS Academy. Melalui pelatihan dan pendidikan in akan meningkatkan skill dan kualitas Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *