Hadirnya internet mengubah jasa pemasaran dari sistem offline tatap muka menjadi sistem online. 

Ini menjadi tugas telemarketing yang berada di dunia baru bernama digital. Dulunya pemasaran atau kita kenal sebagai marketing banyak dijalankan dengan sistem tradisional (konvensional).

Dimana sales atau marketing membagikan brosur ke calon pelanggan, door to door ke rumah-rumah calon pelanggan, banyak mengadakan expo dan pameran di mall dan pusat-pusat keramaian. 

Kini dengan hadirnya dunia internet, marketing bergeser polanya dari tatap muka menjadi online. 

Tentu saja metodenya tetap sama hanya sarananya saja yang berbeda. Tugas sales dan marketing kemudian berkembang pesat dan semakin bervariasi. 

Kini banyak jasa marketing dan sales dalam dunia digital lebih sering disebut dengan telesales dan telemarketing.

Apa bedanya telesales dan tugas telemarketing. Keduanya memiliki kemiripan tugas pokok dan fungsi. 

Dimana telesales dan telemarketing sama-sama bertugas sebagai outbound marketing menyasar calon-calon pelanggan baru perusahaan. 

Jadi bisa disimpulkan bahwa tugas telesales dan telemarketing adalah memperbesar cakupan pelanggan perusahaan (dalam bahasa marketing disebut dengan growth). 

Telemarketing adalah tenaga ahli penjualan yang ditempatkan di posisi terdepan perusahaan. 

Tugas telemarketing adalah berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan. 

Maksud dari berkomunikasi ini mencakup segala hal yang berkaitan dengan komunikasi pelanggan mengenai produk atau layanan jasa perusahaan. 

Misalnya tugas telemarketing bank dan tugas telemarketing asuransi memiliki perbedaan. 

Jika berada di bank, telemarketing bank berkomunikasi dengan nasabah berkaitan dengan layanan produk bank. 

Sementara telemarketing asuransi harus memahami produk-produk asuransi, bisa jadi terkait dengan bank ataupun tidak. 

Apa saja tugas-tugas telemarketing?

  1. Tugas telemarketing vads atau telemarketing cimb niaga memiliki satu tugas penting yaitu berkomunikasi dengan pelanggan. Jika berada di layanan bank, maka telemarketing bertugas memastikan pelanggan nyaman dengan layanan perusahaan, memberikan solusi dan bahkan menawarkan jika ada promo atau cashback promosi dari perusahaan. Inilah mengapa dalam cv telemarketing perlu dicantumkan mengenai kemampuan berkomunikasi dan analisis efektif dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Kemampuan berbahasa inggris juga menjadi nilai plus mengingat beberapa nasabah perusahaan besar biasanya adalah warga negara asing. 
  2. Menerima aduan, komplain dan bahkan kritik saran terhadap perusahaan. Tugas telemarketing ini memerlukan daya tahan mental yang cukup kuat, mengingat tidak semua orang bisa mendengarkan keluhan pelanggan yang berjumlah ratusan setiap harinya, baik dari email maupun telepon (call center). Inilah mengapa gaji telemarketing perbulan tidak bisa dipandang remeh. Jika Anda ingin mengetahui gaji telemarketing perbulan dapat melihat batas bawah dari upah minimum regional sebuah kota/kabupaten. 
  3. Melakukan follow up atau recall ulang kepada customer. Hal ini penting mengingat pelanggan seringkali sibuk dan tidak mengingat penawaran dari telemarketing. Tugas telemarketing adalah mengingatkan kembali kepada konsumen mengenai penawaran promosi. Layanan produk dan jasa dan bahkan apakah masalahnya sudah tertangani dengan baik.

Demikian setidaknya 3 tugas telemarketing yang perlu dipahami bagi Anda yang tertarik berkarir di dunia telemarketing pada era digital dewasa ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *