Customer Service merupakan garda terdepan yang memainkan peran sangat penting dalam proses berhubungan langsung atau interaksi dengan para konsumen. 

Selain untuk memberi kepuasan bertransaksi, customer service juga bertugas untuk membantu pelanggan yang mengalami masalah dengan produk atau layanan perusahaan.

Karena tanpa layanan konsumen yang handal, produk dan layanan terbaik sekalipun tidak akan memiliki basis konsumen yang kuat. 

Menjadi seorang customer service merupakan pekerjaan yang cukup sulit jika tidak memahami skill dan tekniknya.

Oleh karena itu berprofesi sebagai customer service bukanlah hal yang dapat disepelekan. Berikut ini setidaknya 5 cara yang bisa kamu terapkan sebelum menjadi seorang Customer Service. 

1. Memahami Produk Yang Ditawarkan Perusahan

Sebagai seorang customer service, kamu diharapkan belajar memahami produk yang kamu tawarkan terlebih dahulu. 

Dengan mengetahui dengan baik produk yang ditawarkan akan memudahkan kamu sebagai customer service dalam menghadapi pertanyaan dan keluhan konsumen. 

Sampaikan secara profesional, rinci dan lengkap agar konsumen merasa nyaman dan percaya terhadap produk atau layanan perusahaan kamu.

2. Jadi Sosok Yang Ramah

Awali dan lakukan kegiatanmu dengan senyuman. Jangan pernah terlihat lesu ataupun tidak bersemangat di hadapan konsumen. 

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyapa, memberi salam, tidak lupa mengucapkan maaf dan terimakasih. 

Jika menghadapi konsumen melalui telepon dapat menggunakan nada bicara yang lemah lembut, sopan dan jelas.

3. Membangun Relasi Positif Dengan Konsumen

Sikap positif sangat penting bagi seorang customer service. Hal ini karena kesan yang kamu berikan dapat mempengaruhi cara pandang konsumen terhadap perusahaan dan produk yang dibuatnya.

Selain itu, sikap positif juga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman saat berkomunikasi melalui telepon atau chatting. 

Berkat perilaku ini, Kamu bahkan dapat menenangkan emosi konsumen yang sedang mengeluh.

4. Fast Response / Respon Cepat

Salah satu keterampilan terpenting yang diperlukan untuk seorang customer service yang handal adalah merespons tanggapan konsumen dengan segera. 

Hal ini karena konsumen menghubungi customer service untuk mendapatkan solusi sesegera mungkin. 

Jika Anda tidak dapat menemukan solusi untuk masalah konsumen, Kamu juga dapat meminta mereka untuk menunggu. Itu jauh lebih baik daripada tidak membalas sama sekali.

5. Ikut pelatihan Customer Service

Ini merupakan hal mutlak jika kamu ingin benar-benar menjadi seorang Customer Service profesional dan handal adalah dengan mengikuti pelatihan bersertifikat.

Dengan mengikuti pelatihan kamu akan lebih memiliki banyak skill dan tehnik dibanding mereka yang tidak mengikuti pelatihan. Kamu bisa ikuti pelatihan di Talentahub.id dengan program CS Academy, program ini sudah menghasilkan ratusan alumni yang telah sukses dalam mengejar impiannya menjadi seorang customer service.

CS Academy merupakan program pelatihan non formal yang dihadirkan oleh platform Syncore Talenta Indonesia melalui website Talentahub.id. Program ini ditujukan untuk umum dengan sertifikasi nasional dan internasional. 

Kamu juga bisa berpeluang bekerja di perusahaan mitra Syncore Indonesia loh. Dengan mengikuti pelatihan CS Academy.

Nantinya kamu akan didampingi langsung oleh mentor berpengalaman dan diberi modul atau materi yang sesuai standar kompetensi dan dibekali pembelajaran teknik Service Excellent. 

Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan mentor mengenai karir yang akan kamu capai. Lalu setelah program pelatihan selesai, setiap peserta akan mendapat sertifikat keahlian.

Yuk tunggu apalagi, upgrade skill kamu di Talentahub.id. Klik Daftar Disini atau https://daftar-menjadi-CSAcademy2022 untuk informasi dan syarat pendaftarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *