Customer service terdapat berbagai jenis, yaitu cs online dan cs offline. Jenis-jenis customer service yang digunakan perusahaan menyesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan.

Dalam persaingan bisnis saat ini. Perkembangan teknologi sudah sangat pesat yang membuat customer service juga semakin beragam dan mengalami perubahan.

Customer service yang sering kita temui dalam waktu satu dekade terakhir ialah customer service tatap muka atau CS offline. 

Yang mana CS offline jika melakukan pelayanan pada pelanggan, pelanggan harus mendatangi sebuah kantor dari perusahaan CS offline berada.

Berbeda pada saat ini, customer service tidak hanya melayani secara tatap muka atau CS offline. Namun, telah hadir customer service dalam jaringan atau customer service online.

Perbedaan CS Online dan CS Offline

1. Jumlah Modal

Jumlah modal yang ada pada setiap customer service pada perusahaan pastinya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan perusahaan yang menyesuaikan.

CS offline akan menghabiskan modal yang lebih besar dibandingkan CS online yang relatif lebih fleksibel. 

Kenapa demikian? Karena pada CS offline menggunakan lokasi kantor yang berfungsi untuk tempat pelayanan para pelanggan secara langsung. 

Selain itu juga CS offline menggunakan berbagai atribut sebagai pendukung customer service agar terlihat lebih nyaman bagi para pelanggan. Seperti penggunaan seragam sesuai ketentuan, nametag, dan berbagai hal lainnya.

Sedangkan pada CS online perusahaan dapat mengeluarkan modal lebih sedikit karena CS online melakukan kegiatannya secara dalam jaringan atau online

2. Jangkauan

Jangkauan pada kedua jenis customer service berbeda-beda. Pada customer service offline memiliki jangkauan yang relatif lebih terbatas dibandingkan customer service online.

Kehadiran fisik para pelanggan sangat dibutuhkan oleh customer service offline. Berbanding terbalik dengan CS online yang tidak membutuhkan kehadiran fisik dari pelanggan.

CS online dapat menjangkau lebih luas dan beroperasi melalui media internet atau secara online. Para pelanggan yang ingin melakukan komplain terkait layanan perusahaan dapat langsung mengakses layanan CS online tanpa harus datang langsung ke kantor perusahaan.

3. Waktu

Di era digital saat ini, para pelanggan pastinya tidak ingin menunggu lama untuk melakukan interaksi dengan customer service. Pelanggan tentunya merasa senang apabila customer service dapat membantu menyelesaikan masalah mereka dengan cepat.

Customer service offline pada umumnya memiliki prosedur reservasi antrian pada layanannya dan memiliki waktu jam operasional sesuai jam kerja pada umumnya.

Sedangkan pada CS online pada saat ini memiliki keunggulan yaitu mempunyai layanan CS online 24 jam dan tanpa adanya prosedur reservasi antrian pada layanannya. Sehingga hal tersebut membuat CS online lebih unggul dari pada CS offline.

4. Cara Pelayanan

Para pelanggan tentunya menginginkan pelayanan yang cepat dan juga terbaik dari customer service perusahaan. Sejatinya pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat dan juga efektif untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Di era teknologi saat ini, tentunya customer service online memiliki penawaran layanan yang lebih menggoda pelanggan dibandingkan customer service offline. 

Hal tersebut terbukti mulai dari layanan yang ada pada perusahaan berbasis teknologi tentunya memiliki layanan CS online secara realtime agar membuat pelanggan nya nyaman dan senang akan pelayanan yang ada pada perusahaan.

Berbanding terbalik pada CS offline melakukan pelayanan secara langsung di kantor untuk melayani para pelanggan. Terkadang para pelanggan enggan melakukan hal tersebut sebab adanya reservasi antrian dan pelayanan cs yang terbatas.

Nah itulah perbedaan dari customer service online maupun customer service offline. Tentunya dari keduanya memiliki perbedaan dari segala seginya.

Baik customer service online maupun offline tentunya memiliki keunggulan masing masing sesuai dengan keperluan dari bisnis perusahaan.

Meravi BPO hadir dalam memberikan bantuan pelatihan customer service yang mana nantinya customer service akan dilatih sesuai dengan ketentuan dan jenjang karir yang dituju. Jika anda tertarik untuk mengikuti, yuk klik link ini untuk informasi lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *