Prospek Kerja CS Jogja

Customer service merupakan posisi yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Kenapa demikian? Karenakan pada customer service ini mereka berhubungan secara langsung dengan pelanggan. Begitu juga dengan CS Jogja yang serupa dengan customer service lainnya.

Customer service atau yang biasa akrab dengan CS ini berada di garis terdepan dalam melakukan pelayanan pelanggan. 

Hal ini tak menutupi pada CS Jogja yang mana perkembangan bisnis yang pesat. Dengan perkembangan yang pesat mulai mempengaruhi permintaan CS untuk bersandingan dengan perusahaan.

Gaji CS Jogja

Perkembangan bisnis yang pesat tentunya membuka lapangan pekerjaan khususnya terhadap customer service. Prospek kerja pada CS Jogja juga semakin baik akan hal tersebut.

Perlu pemahaman bahwa customer service sekarang dapat berjalan secara online maupun offline. Dan teruntuk gaji CS Jogja sendiri umumnya berdasarkan beban kerja, pengalaman, tingkat pendidikan, masa kerja, jabatan, dan peringkat perusahaan lainnya sebagai patokan.

Untuk gaji CS Jogja sesuai aturan pemerintah yaitu UMR (Upah Minimum Regional). Peraturan ini sudah berlaku tanggal 1 Januari 2022 dengan penjelasan sebagai berikut.

Penetapan UMR DIY dituliskan dalam Surat Keputusan Gubernur No. 373/KEP/2021 perihal Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2022. 

Dari angka yang tersebut, UMR tertinggi ada di Kota Yogyakarta Rp 2.153.970. Dan UMK terendah di Kabupaten Gunungkidul Rp 1.900.000.

Karis CS Jogja

Berkarir pada customer service tidak selalu berada pada garis terdepan untuk menghadapi pelayanan pelanggan. Customer service juga memiliki jenjang karir dengan beberapa tingkat termasuk CS Jogja.

  1. Tingkat Junior dengan pengalaman 1-3 tahun, Customer Service Representative 
  2. Tingkat Menengah dengan pengalaman 4-8 tahun pengalaman, Customer Service Specialist
  3. Tingkat Senior dengan pengalaman 8 tahun atau lebih, Customer Service Manager/Director

Untuk menjadi customer service membutuhkan beberapa keterampilan yang harus ada pada customer service itu sendiri sebagai berikut.

  1. Kemampuan berkomunikasi

Setiap customer service haruslah memiliki kemampuan berkomunikasi mulai dari berbicara dan mendengarkan para pelanggan. Agar setiap interaksi dengan pelanggan berjalan dengan nyaman dan aman.

  1. Keahlian komputer

Pada era teknologi saat ini, customer service juga perlu pemahaman dengan keahlian komputer. Karena customer service sekarang dapat berjalan secara online atau jarak jauh jadi membutuhkan keahlian komputer untuk melakukan hal tersebut.

  1. Penguasaan CRM

Keterampilan CRM merupakan hal penting untuk customer service dalam melakukan interaksi. Mengetahui keluhan hingga paham akan tindakan selanjutnya untuk para pelanggan.

  1. Empati

Sebagai customer service empati salah satu hal yang harus ada pada jati diri agar dapat memahami masalah pelanggan dan dapat menyelesaikan secara efektif dan efisien.

  1. Keterampilan memecahkan masalah

Keterampilan yang terakhir ini wajib dimiliki oleh setiap customer service dengan adanya hal ini pelanggan akan merasa puas karena permasalahannya telah diselesaikan.

Umumnya customer service yang belum memiliki keterampilan maupun pengalaman di bidang customer service akan mendapatkan pelatihan maupun pengajaran agar dapat menjadi customer service yang handal dan berkualitas.

Tahap pelatihan CS Jogja berawal dari pengenalan tools hingga pengenalan software customer service dan produk mitra agar dapat menjadi customer service yang memiliki keterampilan yang sebelumnya.

Meravi BPO hadir dalam memberikan bantuan pelatihan customer service yang mana nantinya customer service akan mendapatkan pemahaman sesuai dengan ketentuan dan jenjang karir customer service yang menjadi target. 

Dan memiliki layanan penyediaan jasa customer service yang berkualitas untuk menjalin mitra dengan perusahaan untuk mencapai efisiensi biaya dan efektifitas waktu.

Sudah tahukan gimana prospek menjadi Customer Service? Jika tertarik yuk pantau Meravi BPO dengan klik link berikut untuk informasi lebih detail!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *