MeraviBPO.id – Apa itu BPO? BPO merupakan kepanjangan dari business process outsourcing. Apa itu? Business process outsourcing atau juga dikenal business process management (BPM) merupakan salah satu skema pengalihdayaan kerja perusahaan kepada pihak ketiga. 

Biasanya perusahaan yang mengalihdayakan kepada pihak ketiga memiliki alasan untuk memangkas efisiensi dan pengeluaran. 

Salah satunya dengan mempekerjakan sumber daya manusia dari pihak ketiga.

Dengan demikian, perusahaan tidak akan memulai pelatihan dan pendidikan SDM mulai dari nol tetapi langsung memakai dari pihak ketiga yang sudah disiapkan.

Kenapa BPO bermanfaat untuk perusahaan? Karena biasanya perusahaan-perusahaan yang sudah besar seringkali tidak mau direpotkan dengan adanya pekerjaan-pekerjaan yang dimulai dari nol. 

Misalnya pada pekerjaan yang bersifat rutin seperti customer service offline maupun customer service online, perusahaan tidak akan merekrut pegawai dimulai dari nol. 

Karena investasi yang dikeluarkan untuk mendidik karyawan customer service online dan offline sangat besar. 

Sehingga mereka biasanya akan meminta pihak ketiga (perusahaan bpo) untuk menyediakan sumber daya tersebut.

Contoh Perusahaan BPO di Indonesia

Meravi BPO merupakan salah satu contoh perusahaan BPO di Indonesia yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar. 

Beberapa klien yang pernah dan saat ini menjadi klien dari Meravi BPO adalah perusahaan startup seperti Evermoss dan Lumina. Apa saja yang disediakan oleh Meravi BPO:

  1. Meravi BPO sebagai perusahaan BPO di Indonesia menyediakan pelatihan dan pendidikan bagi karyawan di bidang customer service, sales, telesales, telemarketing baik yang diproyeksikan untuk offline maupun online. Pusat pendidikan ini dilakukan di Kantor Meravi BPO berlokasi di pusat Kota Yogyakarta yaitu Jl Raya Solo Jogja (Maguwo) depan Bandara Internasional Adisutjipto Jogja. Kapasitas yang disediakan Meravi BPO mencapai 500 karyawan untuk pelatihan baik inhouse maupun sesuai dengan kesepakatan.
  2. Meravi BPO juga mendidik sendiri calon-calon customer service, telesales dan telemarketing untuk disalurkan langsung ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Saat ini permintaan pegawai untuk perusahaan-perusahaan teknologi (start up) meningkat pesat. Sehingga perusahaan-perusahaan yang melakukan migrasi perpindahan kantor ke Yogyakarta tidak perlu khawatir mencari rekrutmen karyawan di sektor BPO, Meravi BPO bisa membantu perusahaan Anda memenuhi permintaan karyawan di sektor customer service, telesales dan telemarketing.
  3. Meravi BPO juga melakukan training dan pendidikan secara inhouse bagi perusahaan yang ingin meningkatkan skill karyawannya yang bekerja di bidang pelayanan (telemarketing, telesales dan customer service). Pelatihan inhouse bisa dilakukan di kantor Meravi BPO Maguwo atau tim trainer kami akan mengunjungi kantor Anda untuk melakukan pelatihan inhouse.

Apa Saja Tugas BPO?

Selain memahami apa itu BPO, tugas-tugas BPO juga merupakan bagian tak terpisahkan dari pengetahuan mendasar mengenai marketing. 

Tugas BPO yang bekerja sebagai ujung tombak (frontline) marketing perusahaan dapat dipisahkan ke dalam dua tugas besar:

  1. Tugas BPO menjadi tenaga ahli penjualan dalam ekosistem perusahaan disebut dengan inbound. Biasanya karyawan BPO akan dilatih mengelola pelanggan yang sudah menjadi bagian dari perusahaan. mengelola komplain, kritik hingga saran dari pelanggan, serta mengelola calon-calon pelanggan potensial.
  2. tugas BPO selanjutnya adalah menjadi tenaga ahli di bidang marketing yang disebut outbond.

Nah, tugas outbound ini adalah mengelola atau menghubungi calon-calon pelanggan yang belum masuk dalam daftar ekosistem perusahaan dan masih terus berminat dengan produk/jasa layanan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *