Apa itu BPO merupakan salah satu pertanyaan yang seringkali menghinggapi para pencari kerja, wirausaha hingga pengusaha umkm. 

BPO sendiri merupakan akronim dari Business Process Outsourcing. Sebuah skema alih daya bisnis dari sebuah perusahaan kepada perusahaan pihak ketiga. 

Jadi semisal contohnya adalah sebuah perusahaan BUMN menginginkan pengelolaan layanan customer service dikelola oleh perusahaan call center di Indonesia. 

Maka BUMN tersebut dapat mengalihdayakan pengelolaan customer service kepada perusahaan call center, sementara perusahaan BUMN nya sendiri fokus pada bisnis intinya. 

Hal demikian lumrah dilakukan dalam dunia bisnis di Indonesia maupun di Internasional. 

Mengingat tidak semua perusahaan besar memiliki waktu untuk mengelola operasional bisnis yang bersifat teknis. 

Beberapa sektor operasional yang dialihdayakan dapat berupa pengelolaan customer service, pengelolaan kebersihan, pengelolaan maintenance gedung dll. 

Hal ini dilakukan perusahaan agar mengefektifkan waktu, menghemat biaya dan tentunya bisa fokus dalam mengembangkan bisnis inti perusahaan. 

Salah satu contoh perusahaan bpo di Indonesia adalah Meravi BPO yang melayani kerjasama penyediaan tenaga kerja customer service, telesales dan telemarketing bagi perusahaan yang membutuhkan pengelolaan pelanggan. 

Meravi BPO sebagai salah satu perusahaan BPO di Indonesia telah bekerjasama dengan perusahaan startup besar seperti Lumina dan Evermos untuk mengelola layanan ribuan pelanggan di seluruh Indonesia.

Tugas BPO adalah menyediakan jasa alih daya kepada perusahaan yang membutuhkan. 

Misalnya jika ada perusahaan X ingin layanan call center dan customer servicenya dikelola oleh Meravi BPO. 

Maka Meravi BPO akan menyiapkan talent/sumber daya manusia untuk menjadi customer service, telesales dan telemarketing. 

Meravi BPO juga akan menyediakan peralatan secara all in, baik komputer, laptop, headset, kantor dan akses internet berkecepatan tinggi. 

Dengan demikian perusahaan X tadi bisa fokus pada inti bisnisnya karena layanan pelanggannya telah dikelola oleh Meravi BPO. Mudah bukan? 

Sistem alih daya perusahaan BPO ini juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti marketplace shopee dan tokopedia. 

BPO shopee dan BPO tokopedia digunakan untuk mengelola layanan pelanggan yang mencapai angka jutaan pelanggan. 

Coba bayangkan betapa sibuknya perusahaan dalam mengelola satu sektor layanan pelanggannya saja?

Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakan jasa BPO atau Business Proces Outsourcing dapat menggunakan layanan Meravi BPO. 

Meravi BPO memilih banyak layanan yang terbagi dalam tiga paket besar bisa dilihat disini: http://meravibpo.id/program

Layanan-layanan ini akan membantu perusahaan dalam mengakselerasi bisnisnya secara cepat, efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *