Telesales merupakan salah satu tulang punggung perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan omset pendapatan perusahaan. 

Telesales dikenal sebagai tenaga ahli dibidang penjualan melalui konsep online atau digital marketing. 

Itulah mengapa seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri cara daftar telesales menjadi yang diburu para lulusan muda.

Apa saja pekerjaan telesales di dunia modern saat ini? Telesales yang dikenal sebagai tenaga ahli ini akan bekerja dibelakang meja menggunakan perangkat elektronik untuk mengelola pelanggan. 

Telesales inbound adalah tenaga ahli penjualan yang bertugas mengelola database pelanggan untuk memaksimalkan penggunaan layanan dan jasa dari perusahaan.

Sementara telesales outbound adalah tenaga ahli penjualan yang bertugas mencari pelanggan-pelanggan baru dari database yang sudah dikumpulkan.

Atau telesales posisi ini bertugas mencari database pelanggan baru untuk kepentingan perusahaan. 

Dulu telesales lebih banyak menggunakan perangkat telepon seperti call center, kini peralatan pekerjaan telesales bervariasi mulai.

Menggunakan perangkat software yang langsung terkoneksi dengan call center, pusat data email hingga pusat data pesan singkat sosial media. 

Fungsi Telesales Penjualan Perusahaan

Jika cara daftar telesales menjadi salah satu hal yang diminati perusahaan. Hal ini karena trend peningkatan rekrutmen telesales terus dibutuhkan. 

Banyak lulusan-lulusan baru (fresh graduate) yang mencoba menjajal dunia baru melalui telesales. 

Lagi pula telesales bisa dikerjakan sarjana-sarjana baru dari berbagai latar belakang pendidikan hanya melalui training dan kursus singkat saja. 

Sehingga ketika cara daftar telesales, maka pendaftar biasanya didominasi dari berbagai variasi latar belakang pendidikan.

Lalu apa sih fungsi telesales bagi perusahaan-perusahaan besar dan kecil dalam mendukung operasional perusahaan?

  1. Telesales berfungsi meningkatkan penjualan. Baik dari sisi pengelolaan inbound pelanggan maupun pengelolaan calon-calon pelanggan baru. Apa yang dimaksud inbound pelanggan? Pelanggan yang menjadi konsumen tetap untuk memaksimalkan diskon, cashback hingga promo-promo baru. Inbound perusahaan berfungsi agar meningkatkan kas penjualan dari pelanggan tetap.
  2. Telesales berfungsi meningkatkan penjualan dari target-target calon konsumen baru dengan menghubungi melalui telepon, wa, email hingga sarana-sarana lain. Target utamanya adalah mengejar pertumbuhan pelanggan baru yang dapat meningkatkan arus kas perusahaan baru. 

Rekrutmen Telesales Melalui Perusahaan BPO

Cara daftar telesales biasanya dibuka langsung oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun kini daftar telesales juga bisa melalui perusahaan business process outsourcing. 

Mengapa melalui perusahaan business process outsourcing (BPO)? Karena melalui perusahaan BPO rekrutmen dan pendidikan lebih terfokus. 

Perusahaan BPO fokus merekrut dan melatih telesales-telesales sesuai dengan bidangnya, memberikan studi kasus dan meningkatkan skill sesuai dengan trend di lapangan pekerjaan. 

Selain itu juga cara daftar telesales sekarang juga menjadi trend perusahaan untuk merekrut telesales melalui perusahaan BPO. 

Hal ini memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan karena dengan bekerjasama dengan perusahaan BPO, maka sudah tersedia ribuan telesales yang siap digunakan oleh perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *