Perusahaan business process outsourcing (BPO) adalah perusahaan yang melayani jasa untuk perusahaan dan merupakan jasa alih tugas sebagian proses bisnis perusahaan kepada pihak ketiga dengan tujuan untuk efisiensi biaya.

Serta mengurangi resiko pada perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih fokus pada pertumbuhan bisnis.

Biasanya BPO untuk perusahaan-perusahan besar untuk membantu tugas mereka dalam menghandle kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan customer atau pelanggan.

Apa Fungsi BPO untuk Perusahaan?

Karena perusahaan di seluruh dunia menyediakan layanan BPO kepada organisasi lain, outsourcing proses bisnis dapat masuk kategori kedalam beberapa jenis berdasarkan lokasi penyedia layanan:

a. Pengalihdayaan Lepas Perusahaan

Jenis BPO yang pertama adalah outsourcing lepas pantai atau terkenal dengan offshoring.

Jenis proses ini terjadi ketika sebuah organisasi menandatangani kontrak untuk layanan yang akan memberikan dengan perusahaan asing.

b. Outsourcing onshore

Jenis outsourcing proses bisnis berikutnya adalah onshore outsourcing atau onshoring.

Ini terjadi ketika sebuah organisasi mengontrak layanan dari perusahaan yang beroperasi di negara yang sama dengan organisasi yang mempekerjakannya.

c. Nearshore (dekat pantai) atau outsourcing nearshoring.

Ini terjadi ketika sebuah organisasi menggunakan layanan yang dari perusahaan yang berbasis di negara tetangga.

Proses bisnis outsourcing harus ada Layanan Dukungan Teknologi Informasi, atau ITES (nama untuk infrastruktur TI yang memungkinkan outsourcing).

Keuntungan Menggunakan Jasa BPO

Penyedia layanan bisnis proses outsourcing tentu memiliki cara kerja sendiri, seperti BPO layanan pelanggan, mulai dengan sistem, agen layanan pelanggan, infrastruktur server, dll., Sebagai sistem yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

Berikut keuntungan yang terdapat di perusahaan jika menggunakan jasa outsourcing :

1. Perusahaan dapat lebih fokus ke inti bisnis

Kegiatan bisnis dalam suatu perusahaan tentunya sangat beragam dan sangat kompleks sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Tentu saja, tugas-tugas tertentu di perusahaan non-primer dan anak perusahaan dapat didelegasikan kepada pihak lain. 

Dengan melakukan outsourcing sebagian bisnis kepada pihak ketiga  melalui sistem outsourcing proses bisnis, perusahaan dapat fokus pada  bisnis inti mereka. Dengan cara ini, bisnis tidak perlu menghabiskan waktu untuk masalah administrasi.

Karena BPO bertanggung jawab untuk mengelola operasi back-office dan front-office perusahaan sehari-hari

2. Efisiensi waktu dan biaya bagi perusahaan

Manfaat lain yang dapat disadari perusahaan dari penggunaan BPO  adalah penghematan biaya. Bisnis menggunakan BPO untuk meningkatkan efisiensi kerja dan tenaga kerja, membantu bisnis menghemat biaya yang terkait dengan infrastruktur, biaya tenaga kerja, dan operasi bisnis. 

seperti biaya pelatihan karyawan. Di BPO, Anda bekerja dengan orang-orang yang berkualifikasi tinggi dan mendapatkan banyak waktu terbang. 

Ini berarti bahwa mereka dilatih untuk melakukan proses bisnis yang Anda atur. Secara otomatis, tidak ada pelatihan yang diperlukan sebelum bekerja.

Selain itu, BPO menghemat investasi modal dalam peralatan dan teknologi. Beberapa penyedia layanan BPO juga menawarkan akses ke alat  dan teknologi terbaru yang terkait dengan proses bisnis Anda.

3. meningkatkan produktivitas dan kualitas di mata customer

Perusahaan dapat memanfaatkan proses bisnis outsourcing pekerjaan outsourcing untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan ketika beberapa bisnis non-inti dipindahkan ke layanan outsourcing.

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memangkas banyak alokasi anggaran untuk beberapa atau jenis pekerjaan non-inti. Hal ini tentunya merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan efisiensi biaya perusahaan.

Penyedia layanan outsourcing proses bisnis biasanya fokus pada pengembangan keahlian yang terkait dengan proses bisnis tertentu. Dari beberapa ulasan tersebut kita sudah bisa memahami mengenai pentingnya Bisnis Proses Outsourcing untuk perusahaan, Kesimpulan perusahaan BPO memilki lebih banyak keuntungan untuk perusahaan.

Meravibpo.id hadir untuk memberikan layanan BPO profesional untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis perusahaan. Klik ini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *