Customer service sudah terkenal oleh masyarakat yang sering mengeluh terhadap perusahaan. Pasalnya, customer service tugas dan perannya berhadapan langsung dengan para pelanggan maupun calon pelanggan.

Customer service merupakan suatu pelayanan yang berasal dari perusahaan yang tujuannya untuk para pelanggan baik setelah melakukan transaksi atau sebelum melakukannya.

Kenapa sebelum dan setelah transaksi? Karena pada customer service ini memiliki berbagai macam tugas maupun peran yang sudah tersistem oleh perusahaan untuk memuaskan para pelanggannya.

Tugas dan Peran Customer Service Jogja

Customer service sebagai garda terdepan dari perusahaan sebab customer service langsung berhadapan dengan para pelanggan. Oleh karena hal itu customer service mewakili citra dari suatu perusahaan.

Oleh karena itu, customer service jogja haruslah dapat pemahaman dengan pelatihan untuk menjadi customer service yang memiliki peran sebagai citra dari perusahaan. 

Menurut Glassdoor, Ada beberapa tugas maupun peran dari Customer Service secara umum.

  1. Mendapatkan para pelanggan yang potensial dengan melakukan pemberian informasi produk maupun jasa yang sesuai dengan kriteria pelanggan yang tertuju.
  2. Mendengarkan, mengidentifikasi hingga menjawab pertanyaan yang dari para pelanggan sebaik mungkin tentang produk maupun jasa dari perusahaan.

Tips Menjadi Customer Service Jogja

  1. Sebagai customer service yang menjadi representasi perusahaan haruslah siap untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada para pelanggan.
  2. Dalam memberikan pelayanan customer service juga wajib cepat tanggap, sebab penting menjadi cepat tanggap dalam hal pelayanan pada para pelanggan.
  3. Selalu menggunakan bahasa dan gesture yang positif agar para pelanggan dapat merasakan kenyamanan dalam pelayanan customer service sehingga mendapatkan citra yang baik bagi perusahaan.
  4. Pahami product knowledge dan kebutuhan pelanggan. Customer service dapat membuat para pelanggan yakin dengan pemahaman produk maupun jasa dari perusahaan yang bermitra sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar dapat memudahkan penjualan bagi perusahaan.

Untuk menjadi customer service yang baik ini tak luput dari pelatihan dan praktik secara langsung agar dapat berkembang menjadi customer service yang berkualitas.

Customer service jogja yang belum mendapatkan pelatihan biasanya akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum berhadapan langsung dengan para pelanggan.

Materi-Materi Pelatihan Customer Service Jogja

Adapun beberapa materi-materi pelatihan customer service jogja agar siap menghadapi permasalahan dari para pelanggan.

  1. Pengetahuan produk dan jasa

Pengetahuan produk dan jasa atau yang berarti product knowledge ini merupakan hal utama untuk dipahami bagi customer service. Hal ini meliputi produk dan jasa perusahaan hingga keunggulan dari para kompetitor perusahan.

  1. Permasalahan yang sering pertanyakan pelanggan

Pada hal ini biasanya customer service dapat langsung melihat dari rangkuman yang sudah ada sebelumnya dalam frequently ask and question (FAQ). Namun tidak hanya mengandalkan FAQ saja tetapi customer service harus dapat langsung menemukan solusi dari permasalahan para pelanggan.

  1. Penggunaan sarana dan tools

Terakhir materi yang akan didapatkan pemahaman dengan penggunaan sarana maupun tools yang nantinya akan implementasikan. Baik sarana tools yang sifatnya online maupun offline nantinya akan dapat pemahaman agar dapat implementasi sebaik mungkin seperti pengenalan sarana tools hardware maupun software aplikasi.

Nah dari penjelasan di atas terdapat informasi terkait tugas dan peran customer service. Jadi tunggu apalagi yuk segera wujudkan target anda menjadi customer service jogja yang berkualitas dan profesional dengan klik link berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *