Posisi outboundcall merupakan garda terdepan bagi perusahaan perkreditan untuk mengelola layanan pelanggan. 

Sebenarnya tidak hanya perusahaan kredit, tetapi usaha yang berhubungan dengan layanan keuangan dan tagihan yang berkaitan dengan pemakaian jasa dan produk dapat menggunakan layanan outboundcall. 

Layanan outboundcall sendiri bagian dari desk collection. Tentu ini bukan bagian dari terjemahan koleksi meja kantor. 

Melainkan nama dari sebuah posisi jabatan yang ditugaskan untuk mengelola layanan keluar kepada pelanggan. 

Desk collection tugasnya adalah menghubungi pelanggan, calon pelanggan maupun pelanggan tertarget untuk mengingatkan, menyampaikan dan menginformasikan mengenai layanan usaha. 

Karena berhubungan dengan pengelolaan pelanggan, maka skill desk collection harus mumpuni. 

Desk collection akan melakukan outboundcall dengan pelanggan sehingga dibutuhkan skill komunikasi yang baik, manajemen emosi, serta ditunjang dengan analisis pikir yang tajam. 

Karena seringkali outboundcall akan berhadapan dengan banyak jenis latar belakang pelanggan yang berbeda-beda. 

Ada pelanggan yang ramah ada juga pelanggan yang bisa jadi kurang ramah. 

Karena bekerja di bagian pelayanan dalam melakukan outboundcall kepada pelanggan, target desk collection sendiri disesuaikan dengan layanan pelanggan. 

Misalnya dalam sehari seorang desk collection akan diminta menghubungi minimal 50 pelanggan untuk dikelola, diingatkan dan diberikan informasi. 

Target desk collection dalam outboundcall ini bisa saja berubah mengingat tools dan sarana berkomunikasi saat ini bervariasi mulai dari software, aplikasi, call center telepon, email hingga whatsapp. 

Beban kerja desk collection dalam outboundcall yang cukup tinggi juga beriringan dengan gaji yang diterima, desk collection gaji sesuai dengan upah minimum regional wilayah yang ditempati. 

Jika interview desk collection dan penempatan dilakukan di Jakarta maka akan mengikuti upah minimum regional jakarta. 

Begitu juga jika desk collection ditempatkan di daerah, maka akan mengikuti upah minimum regional dari daerah tersebut. 

Jika sudah memahami postur gaji desk collection, maka akan dijelaskan juga contoh-contoh tugas-tugas yang dibebankan kepada desk collection. 

Baik yang dikerjakan desk collection bank mandiri atau lembaga perkreditan memiliki tugas-tugas yang hampir mirip:

  1.  Outboundcall desk collection jika berada di lembaga perkreditan seperti bank, fintech, pinjaman online dan sejenisnya biasanya berhubungan dengan jatuh tempo tagihan hingga pengingat mengenai layanan produk dan jasa.
  2. Outboundcall desk collection jika berada di lembaga asuransi biasanya berhubungan dengan calon-calon nasabah yang sudah mendaftar tapi belum membayar uang muka. Atau jatuh tempo premi yang belum dibayar hingga informasi layanan produk/jasa baru. 
  3. Outboundcall desk collection di lembaga lain seperti call center BUMN biasanya berhubungan dengan layanan dan jasa yang diberikan perusahaan tersebut. Misalnya di perusahaan telekomunikasi, desk collection bertugas menginformasikan dan mengingatkan pelanggan mengenai tagihan paskabayar hingga langganan berbayar lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *