Sebagai seorang yang ingin menjadi customer service atau yang sudah menjadi customer service maka perlu mengetahui arti customer service dan istilah CS. Hal tersebut penting untuk nantinya ketika terjun di dalam dunia customer service. Tujuannya agar sudah siap dalam penanganan pelayanan pelanggan.

Customer service merupakan seorang yang berhadapan secara langsung sebagai garda terdepan untuk melayani para pelanggan atas permasalahan yang pelanggan hadapi.

Menjadi garda terdepan perusahaan mengharuskan customer service perlu mengetahui istilah CS.  Istilah CS sebenarnya hampir mirip dan cukup erat dengan dunia marketing maupun dunia bisnis.

Berikut Arti Customer Service dan Istilah CS yang dapat kamu ketahui.

Arti Customer Service

Customer service kerap akrab sebagai CS yang mempunyai tugas melayani para pelanggan agar para pelanggan puas akan pelayanan yang mereka berikan. Serta memiliki peran penting untuk memperoleh hubungan baik pada para pelanggan.

Selain itu customer service juga mempunyai tugas untuk menjawab permasalahan pelanggan dan berkomunikasi dengan para pelanggan dengan baik. 

Namun customer service tidak hanya berhubungan dengan hal itu saja. Banyak faktor lain yang berhubungan dengan customer service dan memiliki beberapa istilah cs.

Faktor tersebut antara lain perlu mengetahui kemampuan dalam mengatur emosi serta mengambil keputusan untuk menjawab pertanyaan dari para pelanggan dan faktor lainnya.

Saat ini customer service terdapat beberapa jenis, tergantung dengan masing-masing jenis customer service yang memiliki tugas serta tanggung jawab yang berbeda-beda. 

Pada dasarnya customer service memberikan layanan kepada para pelanggan untuk dapat berkonsultasi, menjadi pusat informasi dan pemecahan masalah sesuai apa yang para pelanggan harapkan agar menemukan solusi.

Istilah CS

Istilah-istilah di dalam dunia customer service merupakan bagian penting yang harus dipahami oleh customer service. Ada beberapa istilah yang perlu dipahami sebagai customer service antara lain CS inbound dan CS outbound.

Istilah kedua tersebut bisa kerap dengan customer service tatap muka atau customer service offline.

1. Customer service inbound

Istilah CS pada kali ini customer service inbound yang merupakan jenis customer service yang menerima interaksi masuk dari para pelanggan atau yang berada dalam ekosistem perusahaan. Seperti konsumen yang telah menjadi mitra atau calon konsumen yang berada di sekitar.

Contoh dari tugas customer service inbound antara lain seperti melayani sebuah komplain, kritik, maupun saran dari para pelanggan sesuai layanan yang ada pada perusahaan.

Selain hal tersebut, customer service inbound juga melakukan pemberian informasi terkait seputar produk maupun layanan yang ada pada perusahaan. Antara lain seperti diskon, cashback dan berbagai jenis informasi lainnya.

2. Customer service outbound

Istilah CS yang kedua ini merupakan customer service outbound yang merupakan customer service yang lebih aktif daripada customer service inbound. 

Kenapa demikian? Karena customer service outbound ini bertugas menindaklanjuti masalah layanan dan memberikan informasi terbaru tentang produk maupun layanan secara langsung. 

Selain itu juga panggilan customer service outbound ini beroperasi langsung oleh agen kepada para pelanggan. Sehingga customer service outbound lebih aktif dibandingkan customer service inbound.

Contoh dari tugas customer service outbound antara lain seperti memfollow up calon para pelanggan yang sudah terdeteksi dalam sistem perusahaan. Selain itu customer service outbound juga mengontak database yang bersumber dari pihak marketing.

Nahh dari artikel di atas terdapat informasi terkait arti customer service dan istilah CS. 

Sudah tahukan arti dan istilah istilahnya? Jadi tunggu apalagi yuk segera wujudkan mimpi anda menjadi customer service berkualitas dan profesional dengan mampir ke website Meravi BPO!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *