Pengertian BPO

BPO adalah akronim dari Business Process Outsourcing, yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah proses bisnis alih daya pegawai dari sebuah perusahaan kepada perusahaan yang membutuhkan. 

Proses bisnis BPO telah lazim digunakan di industri-industri besar di bidang pelayanan sejak lama, salah satunya terkait layanan pelanggan seperti call center dan customer service. 

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa BPO biasanya karena memiliki bisnis inti yang super sibuk sehingga tidak bisa menangani rekrutmen pegawai pada sektor pelayanan. 

Lalu mereka mengandalkan kepada perusahaan-perusahaan BPO yang memiliki talent pegawai berjumlah ratusan hingga ribuan.

Bisnis BPO juga dilirik industri-industri besar karena dapat menekan biaya operasional tanpa harus mengurangi biaya pemasaran. 

Dengan tetap menjaga pendapatan perusahaan dapat terus terjaga dan stabil. Kenapa bisa begitu? Karena proses Business Process Outsourcing sepenuhnya dikelola oleh perusahaan BPO sesuai kebutuhan dari perusahaan klien. 

Inilah mengapa banyak perusahaan melirik bisnis BPO untuk menambah daya jangkau layanan bisnisnya. 

Perusahaan hanya tinggal bekerjasama dengan Perusahaan BPO untuk menyediakan tenaga kerja, tenaga ahli dan tenaga sumber daya lainnya untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tanpa harus keluar biaya rekrutmen dan operasional kantor. 

Tugas BPO dalam Pelayanan

Business Process Outsourcing yang biasa disebut dengan alih daya pegawai biasanya melakukan pelayanan pada sektor call center. 

Jika anda sering mendapati BUMN-BUMN besar yang bergerak di bidang-bidang supersibuk dan melayani hajat hidup orang banyak. Maka mereka biasanya membutuhkan jasa call center yang dikelola langsung oleh perusahaan BPO. 

Perusahaan BPO ini akan menyediakan tenaga kerja dan fasilitas untuk menunjang divisi call center perusahaan. 

Sesuai dengan kerjasama yang diminta, biasanya perusahaan BPO akan menyediakan secara keseluruhan fasilitas, atau melakukan pelatihan terhadap call center perusahaan sesuai standar SOP Pelayanan. 

Salah satu perusahaan BPO yang menjadi klien dari perusahaan-perusahaan besar yaitu Meravi BPO saat ini melayani pelayanan BPO dalam dua jenis:

  1. Penyediaan tenaga alih daya perusahaan untuk call center, customer service online dann telesales/telemarketing dengan fasilitas kantor, alat dan prasarana serta akses internet kencang. Skema ini perusahaan tinggal bekerjasama dengan Meravi BPO untuk menyediakan tenaga kerja customer service yang dibutuhkan, sisanya akan diurus langsung all-in oleh Tim dari Meravi BPO.
  2. Penyediaan pelatihan dan training customer service secara inhouse. Inhouse disini jika ada perusahaan ingin melakukan pelatihan customer service online, call center dan telesales/telemarketing dapat menghubungi Meravi BPO. Tim Meravi BPO akan datang ke perusahaan untuk melakukan training inhouse bagi perusahaan Anda.

Dua skema layanan BPO ini saat ini sedang masa-masa puncak seiring dengan pemulihan ekonomi pasca covid-19. 

Dimana perusahaan berlomba-lomba melakukan investasi, melakukan pengembangan usaha dan bahkan mendirikan cabang-cabang baru. Silakan bisa menghubungi Meravi BPO untuk menggunakan layanan BPO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *