Sebuah perusahaan dagang dan jasa pastinya membutuhkan jasa customer service representative. 

Apa itu customer service representative? Merupakan tenaga ahli atau posisi jabatan yang ditugaskan khusus oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Memastikan kebutuhan pelanggan akan hak-hak penggunaan layanan barang dan jasa dari perusahaan terpenuhi. 

Serta memastikan komplain, kritik dan saran dari pelanggan dapat dikomunikasikan dengan baik ke dalam internal perusahaan. 

Jadi tugas customer service representative adalah semacam menjadi wakil perusahaan/ambassador. 

Posisi ini merupakan posisi yang cukup penting, krusial dan menjadi ujung tombak perusahaan dalam berkomunikasi memahami keinginan pelanggan. 

Pada beberapa perusahaan besar, seperti customer service representative bank bahkan harus mengikuti training beberapa minggu lamanya terlebih dahulu. 

Anda pastinya pernah mendengar layanan customer service bank swasta terbesar di Indonesia yang sangat ramah kepada pelanggannya bukan? 

Nah, menjadi customer service representative bank untuk sampai pada tahap dikenal ramah ini memerlukan proses training yang lama. 

Sama halnya dengan perusahaan besar seperti bumn, menjadi customer service representative telkom misalnya, sebuah perusahaan bumn telekomunikasi terbesar di Indonesia. 

Apa itu customer service representative telkom? Selain harus memahami dasar-dasar teknik berkomunikasi. 

Customer service representative telkom juga harus paham produk-produk dan layanan yang dimiliki. 

Misalnya bisa saja pelanggan/konsumen menganggap bahwa telkom dan telkomsel adalah perusahaan yang sama. 

Oleh karena itu tugas customer service representative adalah menjelaskan produk dan jasa kepada pelanggan dan bahkan memberikan pemahaman secara humanis bahwa telkom dan telkomsel berbeda perusahaan, walaupun sebenarnya telkomsel adalah anak perusahaan dari telkom. 

Namun keduanya berbeda mengingat telkom adalah induk dari banyak perusahaan. 

Berbicara tugas customer service representative bank atau swasta tidak bisa dipisahkan dari pertanyaan berapa gaji customer service representative. 

Gaji customer service representative dasar adalah mengikuti upah minimum regional kabupaten/kota. Nantinya akan naik seiring dengan tugas dan workload yang diberikan dan dikerjakan.

Satu hal lagi, jika berbicara tugas customer service juga berlaku di perusahaan swasta nasional kecil ataupun transnasional. 

Misalnya apa sih tugas customer service representative domino’s pizza? 

Perusahaan pizza lintas negara yang memiliki cabang di berbagai kota-kota besar di Indonesia? 

Nah, tugas customer service representative domino’s pizza adalah berkomunikasi dengan pelanggan jika ada keluhan, kritik dan saran dan bahkan hal-hal yang bersifat strategis misalnya kerjasama dengan pelanggan, ada promo tertentu seperti promo ultah dan promo untuk kantor. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *