Berikut lima cara merekrut CS telesales untuk perusahaan, Customer service merupakan salah satu tulang punggung perusahaan. 

Posisi ini kebanyakan diisi dengan lulusan kampus yang pandai dalam bidang komunikasi dan pelayanan konsumen. 

Namun sebenarnya posisi customer service dapat diisi oleh siapapun. Oleh karena itu cara merekrut cs dewasa ini lebih banyak mempertimbangkan kemampuan softskill dibandingkan dengan berkas-berkas administrasi.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama dalam cara merekrut customer service adalah pengalaman kerja. 

Customer service yang pernah magang atau internship di sektor pelayanan biasanya memiliki nilai lebih di mata recruiter. 

Oleh karena itu jika Anda adalah lulusan baru (fresh graduate) dari kampus-kampus atau sekolah menengah kejuruan. 

Akan lebih baiknya memiliki pengalaman magang di bidang pelayanan.

Perhatikan beberapa langkah-langkah cara merekrut cs yang biasanya dilakukan oleh recruiter atau human resource department (HRD). 

A.Membuka Lowongan 

Rekrutmen customer service paling simpel adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di website atau sosial media perusahaan. 

Jika Anda adalah pemula. Maka mencari informasi mengenai customer service dapat dilakukan dengan rajin-rajin mengunjungi website lowongan kerja seperti Jobstreet dan juga Linkedin. 

Oya apakah Anda sudah memiliki akun Linkedin. Saat ini banyak sekali recruiter yang banyak mencari talent customer service dari Linkedin.

B. Siapkan CV

Curriculum Vitae sebagai dasar penilaian tetap menjadi yang utama. Jadi jika Anda ingin mencari pekerjaan customer service, maka persiapkan curriculum vitae dengan baik. 

Contoh-contoh curriculum vitae terbaik berbasis ATS dapat diperoleh secara gampang di internet. Selain itu jika memiliki portofolio dapat digunakan atau dilampirkan. 

Apa itu portofolio? Yaitu semacam berkas atau sertifikat yang menunjukkan keahlian anda. 

Dapat berupa sertifikat penghargaan maupun link informasi (link website) serta tambahkan juga surat referensi dari atasan sebelumnya. 

C. Mengadakan Tes Psikotes

Cara merekrut customer service selanjutnya dari recruiter adalah mengadakan tes psikotes. Nah, test ini adalah tes umum yang sering digunakan kalangan perusahaan untuk menguji calon-calon pegawainya. 

Begitu juga dengan test customer service juga menggunakan test psikotest. Contoh-contoh tes psikotes biasanya berbeda dengan tes psikotes yang digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

D. Tes Wawancara/ Interview

Customer service juga melalui tes wawancara. Cara merekrut cs yang dilakukan perusahan besar bahkan bukan hanya wawancara tetapi juga role play (simulasi menjadi customer service). 

Hal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana calon customer service dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, melakukan manajemen dan analisis masalah pelanggan serta mampu menyelesaikan persoalan pelanggan dengan cepat, efektif dan efisien.

E.Surat Referensi

Cara merekrut cs yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar selanjutnya adalah memastikan adanya surat referensi (keterangan kerja) dari pekerjaan sebelumnya. 

Semisal atasan, teman, sahabat atau kolega (partner kerja) dan bahkan klien dari pekerjaan juga bisa. 

Oleh karena itu, persiapkan surat rekomendasi kerja dari perusahaan sebelumnya  (yang biasanya disebut dengan paklaring) atau surat rekomendasi sesuai dengan format dari perusahaan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *