Jenis-jenis customer service dalam sektor jasa pelayanan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. 

Customer service yang sering menemui dalam satu dekade terakhir adalah customer service offline alias tatap muka.

Ketika pelanggan atau konsumen ingin komplain atau mengeluhkan masalahnya. Maka satu-satunya cara saat itu adalah mendatangi kantor perusahaan. 

Melakukan reservasi antrian kepada customer service dan menunggu untuk bertemu tatap muka dengan customer service bank. 

Namun, saat ini jenis-jenis customer service telah mengalami transformasi yang luar biasa. 

Customer service tidak hanya menyediakan untuk tatap muka alias offline. Tetapi juga muncul customer service online. 

Kemunculan ini memberikan banyak manfaat dan tentunya kemudahan bagi para pelanggan atau konsumen. 

Apa kelebihan dengan munculnya jenis-jenis customer service online? Tentunya selain memudahkan konsumen. 

Customer service online tidak memerlukan reservasi antrian. Pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan kapan pun dan manapun. 

Misalnya jika konsumen berada di luar kota dan mengalami kendala dengan layanan perusahaan. 

Maka dapat menghubungi customer service online saat itu juga tanpa perlu datang ke kantor. 

Bahkan ketika membutuhkan di waktu tutup kantor atau malam hari sekalipun. 

Saat ini jenis-jenis customer service online terbagi menjadi dua. Pertama adalah customer service online yang melayani panggilan melalui telepon dan biasa disebut dengan call center. 

Call center yang dilayani customer service menjawab kebutuhan konsumen yang ingin bicara secara langsung dan memperoleh solusi secara cepat. 

Sementara jenis-jenis customer service online selanjutnya adalah customer service yang melayani panggilan melalui media sosial atau email. 

Penyebutan pada jenis kedua ini dapat disebut customer service online saja, atau cs medsos atau cs email. 

Karena tugas cs online ini melayani keluhan, saran dan kritik pelanggan melalui email perusahaan serta media sosial resmi perusahaan (instagram, facebook atau twitter). 

Pada kedua jenis layanan customer service online ini, terdapat dua kekurangan dan kelebihan. 

Kelebihan pada cs call center adalah pelanggan dapat tertangani masalahnya secara cepat, tetapi harus to the point dalam menyampaikan masalahnya. 

Sementara pada cs online medsos perlu membutuhkan waktu lama, namun penjelasannya dapat lebih komprehensif karena tertulis langsung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *