Jika berminat menjadi telesales jogja tenaga ahli di bidang penjualan, maka perlu memahami jenis-jenis telesales yang diperlukan oleh perusahaan. 

Mengingat dengan semakin pulihnya ekonomi, maka perusahaan-perusahaan membutuhkan jasa telesales untuk meningkatkan omset penjualan.

Telesales adalah tenaga ahli di bidang penjualan, sehingga fokus pada pelayanan keluar dari perusahaan dengan fokus utama meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan. 

Namun, selain itu jenis-jenis telesales juga dibagi sesuai dengan peruntukan dan tugas pokok serta fungsinya.

Jenis telesales terbagi pertama dengan sebutan telesales inbound. Menjadi telesales jogja di sektor inbound maka akan berfokus pada memfollow up atau menindaklanjuti calon-calon pelanggan potensial. 

Biasanya perusahaan besar telah memiliki database dari berbagai sarana untuk ditindaklanjuti oleh telesales inbound.

Perusahaan yang tergabung dalam kelompok usaha dengan ekosistem tersendiri biasanya akan berbagi database pelanggan untuk di follow-up mengenai layanan perusahaan. 

Misalnya nih, jika perusahaan Tokopedia memiliki database pelanggan, maka database pelanggan ini bisa disharing dengan kelompok usaha dalam satu ekosistem seperti gojek misalnya. 

Kemudian, jenis telesales kedua adalah telesales outbound. Telesales jenis ini akan memfollow-up pelanggan atau calon pelanggan dari database bebas. 

Misalnya jika perusahaan adalah perusahaan di bidang bahan sembako atau grosir, maka database bisa dicari dari kelompok unit himpunan pengusaha atau dari internet dengan google business. Nantinya kontak-kontak ini bisa dihubungi telesales outbound untuk diberikan penawaran. 

Selain jenis-jenis telesales diatas, terdapat juga telesales staff atau telesales supervisor. Telesales spv adalah telesales senior yang bertugas memberikan arahan atau review atas kerja telesales staff. 

Sementara telesales staff biasanya bekerja pada pekerjaan-pekerjaan langsung yang berhubungan dengan pelanggan.

Lalu berapa sih gaji seorang telesales jika dibandingkan dengan profesi lain? Jangan terkejut jika ternyata telesales gajinya sama dengan pekerjaan lain lho. 

Misalnya telesales bank seperti telesales cimb niaga di jakarta bisa memiliki penghasilan setara dengan UMR Jakarta. Itu belum termasuk tambahan honor tunjangan dan pendapatan lain jika memenuhi target dari perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *